6 Aplikasi untuk Membuat Aplikasi Android, Ada NetBeans hingga Unity

Tabel of Content [View]
aplikasi untuk membuat aplikasi android

KABAR PATIMBAN - Dalam membuat android apk pengembang apk menggunakan aplikasi khusus untuk mengembangkannya. Aplikasi untuk membuat aplikasi Android tersebut akan mempermudah pekerjaan dalam mengembangkan aplikasi berbasis gawai Android tersebut.

Ditemukannya Android merupakan sebuah kemajuan teknologi, sehingga aplikasi untuk membuat aplikasi Android sangat diperlukan. Saat ini banyak sekali aplikasi pembuat apk android mulai dari open source hingga yang berbayar.

Adanya aplikasi untuk membuat aplikasi Android membuat pengembang bisa berkreatifitas. Sehingga aplikasi android yang sedang dibuat bisa bermanfaat dan banyak yang menggunakannya.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, pada Kamis, 29 Juli 2021, berikut aplikasi-aplikasi pendukung untuk membuat aplikasi android, diantaranya:

1. Andoid Studio

Andoid Studio merupakan aplikasi android ini yang resmi buatan google pada 2013, dengan didukung fitur-fitur terkini yang memudahkan dalam pengembangan aplikasi Android.

Android Studio banyak sekali pengembang aplikasi yang menggunakan aplikasi tersebut. Selain memiliki tampilan antar muka yang mudah dipahami, dilengkapi juga dengan fitur yang dibutuhkan untuk membuat apk.

2. Eclipse

Eclipse menjadi aplikasi yang multi Platform dengan beragam bahasa pemrograman seperti Java, C, C++, Phyton, Perl, Php. Aplikasi IDE ini mendapat dukungan dari google dan para pengembang Android.

3. Xamarin

Xamarin merupakan aplikasi yang dikembangkan Xamarin Inc yang bisa digunakan untuk membuat berbagai aplikasi seperti android, ios dan windows phone dengan menggunakan bahasa C#.

4. NetBeans

NetBeans merupakan aplikasi yang dibuat oleh Oracle, dalam mengaktifkannya harus didukung JDK dan JRE terlebih dahulu. Sama halnya seperti menggunakan eclipse dan android studio.

5. Adobe Flash

Adobe Flash sebelimnya dikenal dengan Macromedia flash merupakan aplikasi untuk pembuatan animasi dan gambar vector. Namun, saat ini aplikasi ini mampu digunakan untuk membuat aplikasi berbasis android dengan penambahan-penambahan fitur dari adobe sistem.

6. Unity

Aplikasi Unity dirilis pada tahun 2005 pula yang awal kemunculannya hanya untuk MacOS. Kini Unity dikembangkan menjadi multi platform dan bisa digunakan oleh windows dan linux.

7. Apache Cordova

Aplikasi Apache Cordova dari PhoneGap merupakan sebuah framework untuk mengembalikan mobile android, iOS dan windows phone, selain itu memungkinkan untuk membuat aplikasi berbasis HTML 5, CSS3 dan javascript.

Aplikasi untuk membuat aplikasi di atas sangat membantu dalam pengembangan aplikasi Android. Apalagi Android merupakan sistem operasi yang kini banyak digunakan untuk gawai.

Seiring perkembangan teknologi smartphone membuat sistem android terus berkembang dari hari ke hari. Dengan begitu, para pembuat aplikasi android terus berupaya menghadirkan apk terbaru dan terupdate.

Bukan hanya itu saja, aplikasi Android kini sangat dibutuhkan untuk membuat aplikasi berbasis gawai untuk berbagai macam kepentingan seperti aplikasi rekam medik hingga situs jual beli online.(*)

Editor: Deden H