Begini Cara Membuat Pdf di Hp dengan Mudah, Ikuti Panduan Lengkapnya

Tabel of Content [View]
cara membuat pdf di hp
KABAR PATIMBAN - Apakah bisa membuat file pdf atau Portable Document Format  di ponsel? Saat ini membuat file pdf sangat mudah membuatnya, walaupun hanya dengan ponsel.

Perlu diketahui, mengubah file dokumen ke dalam bentuk pdf sangat mempermudah untuk membaca, terutama di layar monitor komputer maupun ponsel.

File dokumen yang dimaksud tersebut seperti word, excel, power poin, dan gambar. File ini bisa dicetak menjadi file pdf, sehingga bisa digunakan berbagai keperluan pemberkasan.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan mengubah ke dalam format pdf, salah satunya lebih ringan dibandingkan format sebelumnya.

Tidak saja itu, terdapat tag di pdf membuat pembaca lebih mudah  menentukan urutan pembacaan dan navigasi untuk file sehingga memungkinkan konten bisa dibaca berkali-kali dengan ponsel.

Hanya lewat ponsel, Anda tidak perlu membuka komputer untuk mengubah file dokumen ke pdf, ini menjadi lebih praktis dan cepat.

Untuk lebih detail mengenai cara membuat pdf di ponsel dengan mudah, Anda bisa mengikuti artikel ini hingga akhir. Yuk, simak di bawah ini!

Apa Itu File Pdf?

Pdf  termasuk ke dalam file dokumen yang banyak digunakan untuk penukaran dokumen digital. Berbeda dengan file dokumen lain, pdf memiliki tingkat keamanan yang tinggi.

Bagaimana cara membuka file pdf? Perlu diketahui, file pdf hanya bisa dibuka dengan aplikasi yang mendukung dokumen pdf.

Adapun aplikasi tersebut yakni seperti Adobe Reader ataupun Foxit. Selain itu, file pdf juga bisa dibuka melalui web browser yang mendukung file tersebut, seperti Google Chrome salah satunya.

Nah, di era digital seperti sekarang ini penting sekali memiliki keterampilan mencetak dokumen ke file pdf. Untuk itu, di bawah ini ada beberapa langkah membuat file pdf lewat hp atau ponsel.

Cara Membuat File Pdf Lewat HP

Cara membuat file pdf melalui ponsel atau hp sebenarnya hampir sama dengan membuatnya lewat komputer, tapi memiliki ada sedikit perbedaan.

Dalam hal ini, apabila setiap perangkat ponsel yang memiliki sistem operasi yang berbeda, maka caranya pun tidak sama. Misalnya untuk perangkat hp Android dan Windows Phone.

Cara membuat pdf di hp Android dan Windows Phone sangat mudah sekali, walaupun Anda belum pernah mencobanya. Kabar Patimban melansir dari India Today, pada Jumat, 23 Juni 2021, berikut panduannya.

Bagaimana Cara Membuat File Pdf di Hp Windows Phone?

Bagi pengguna Windows Phone berikut langkah-langkah membuat file pdf dengan mudah, yakni:
  1.  Pertama buka file yang ingin disimpan sebagai pdf.
  2.  Kemudian, ketuk File di smartphone atau tablet Anda.
  3.  Pada menu File, ketuk Cetak. Apabila belum dipilih, ketuk Microsoft Print to pdf di tablet atau ketuk pdf di smartphone Anda.
  4.  Sekarang ketuk Cetak, dan dii tablet terdapat halaman Simpan Keluaran Sebagai muncul.
  5. Kemudian, pilih lokasi untuk file pdf yang baru dicetak, lalu masukkan nama baru dan ketuk Simpan.

Berikut Cara Membuat File Pdf bagi Pengguna Hp Android

Adapun cara menyimpan atau mencetak file sebagai pdf di Android, yakni:
  1. Buka file yang akan disimpan sebagai pdf
  2. Kemudian, ketuk File di tablet atau smartphone Anda.
  3. Lalu, pada tab File, ketuk Cetak. Apabila belum dipilih, ketuk Simpan sebagai PDF pada daftar drop-down.
  4. Kemudian, ketuk Simpan.
  5. Kemudian, pilih lokasi untuk file pdf Anda, dan buat nama baru (opsional), selanjutnya ketuk Simpan.

Akhir Kata

Dalam cara membuat pdf di hp di atas pastikan terdapat fitur cetak pdf atau memiliki aplikasi konversi. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah membuat file dokumen pdf lewat hp.(*)