Fitur Baru Instagram, Bisa Kontrol Konten Sensitif di Tab Jelajah

Tabel of Content [View]
instagram kontrol konten sensitif

KABAR PATIMBAN - Saat ini Instagram telah dilengkapi fitur terbarunya yang berguna untuk penggunannya. Facebook mengumumkan bahwa ada pengaturan baru untuk Instagram yang berguna untuk membatasi konten sensitif yang muncul pada fitur jelajahnya.

Membatasi munculnya konten sensitif dengan menggunakan pengaturan baru di Instagram akan memungkinkan pengguna melihat konten sensitif banyak maupun sedikit. Fitur ini sangat penting sekali bagi pengguna Instagram.

Dalam pengaturan Instagram terdapat tiga jenis seperti Izinkan, Batasi (Default), dan Batasi Lebih Banyak. Pengguna Instagram bisa memilih salah satu dari ketiga jenis opsi tersebut.

Mengenal Instagram

Instagram merupakan aplikasi sosial media yang dikhususkan untuk berbagi video maupun foto. Saat ini Instagram merupakan salah satu platform yang dimiliki oleh Facebook.

Kelebihan dari sosial media ini yakni memiliki fitur yang menarik, layaknya aplikasi editor foto. Seperti fitur filter foto, potong foto, dan yang baru yakni filter untuk mengawasi konten yang muncul di Instagram.

Fitur Kontrol Konten Sensitif di Instagram

Seperti mengutip dari The Verge, pada 21 Juli 2021, dalam halaman dukungan untuk mengontrol konten sensitif pihak Instagram mengatakan bahwa ada beberapa hal mencakup postingan sensitif.

Menurut pihak Instagram konten sensitif tersebut di antaranya yakni konten dewasa, kekerasan, penggunaan tembakau, hingga obat-obatan terlarang.

Facebook pun menjelaskan bahwa pengaturan pada Instagram tersebut sesuai dengan pedoman rekomendasinya. Serta mengatur setiap apa yang muncul di fitur atau halaman jelajahnya.

Konten yang melanggar aturan Facebook tetap akan dihapus, fitur kontrol konten sensitif hanya memberi pengguna lebih banyak pilihan seberapa banyak konten sensitif yang dapat dilihat di tab jelajah.

Adapun pengaturan konten sensitif di Instagram dapat diatur dengan langkah sebagai berikut:

  1. Bagi yang sudah terinstall Instagram, kemudian masuk ke bagian Profil Instagram yang Anda miliki
  2. Setelah itu, kemudian pilih menu pengaturan, dan dilanjutkan dengan memilih Akun
  3. Lanjut, pilih Kontrol Konten Sensitif kemudian atur sesuia dengan keinginan pengguna
  4. Dalam pengaturan tersebut pengguna bisa memilih tiga jenis opsi di antaranya Izinkan, Batasi, dan Batasi Lebih Banyak.

Fitur kontrol konten sensitif saat ini masih belum diluncurkan untuk semua pengguna Instagram. Facebook mengungkapkan bahwa fitur kontrol konten sensitif tidak tersedia untuk usia 18 tahun ke bawah.

Kesimpulan

Fitur ini sangat berguna untuk pengguna yang ingin membatasi Instagramnya dari konten sensitif. Sehingga pengguna bisa memakai terutama saat menggunakan intagramnya.(*)