Mudahkan Transaksi dengan Aplikasi Fintech, Bisa Simpan Uang hingga Transfer

Tabel of Content [View]
aplikasi fintech

KABAR PATIMBAN - Fintech merupakan kemajuan teknologi yang ada saat ini, sehingga mempermudah masyarakat dalam bertransaksi secara cepat. Tak heran penggunaanya pun kini semakin banyak.

Penggunaan fintech mampu mengubah gaya hidup terutama bagi pemakai internet dalam mengelola keuangannya. Kepraktisan dalam bertransaksi membuat masyarakat menggunakan fintech dalam bertansaksi.

Pertumbuhan fintech kini cukup signifikan, di Indonesia saat ini banyak beraneka aplikasi fintech terbaru bermunculan. Sehingga pengguna smartphone hanya perlu memilih aplikasi fintech mana yang lengkap dan aman digunakan.

Fintech menyuguhkan beragam kelengkapan fitur mulai dari pembayaran, transfer, pinjaman, dan lain sebagainya. Transaksi berbasis online fintech memberikan kemudahan dengan fitur yang dimilikinya.

Macam-macam Aplikasi Fintech di Indonesia

Seperti merangkum dari berbagai sumber, pada Sabtu, 31 Juli 2021, adapun macam-macam fintech yang sudah berkembang di Indonesia diantaranya:

1. Dana Aplikasi

Dana merupakan aplikasi fintech besutan PT. Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek), yang memiliki fungsi yang beraneka ragam. Dana memiliki fungsi fitur mulai dari pembayaran non kartu maupun non tunai dengan segala kemudahan.

2. Go Pay

Go Pay merupakan fintech terpopuler di Indonesia yang menjadi unit usaha dari GoJek. Selain itu, perusahaan ini memiliki ratusan ribu mitra di seluruh Indonesia bersama unit GoJek lainnya.

3. Doku

Doku menjadi salah satu fintech terbaik di Indonesia yang pertama dirilis pada tahun 2007, dengan memiliki fungsi menyimpan uang digital, sistem pembayaran skala besar, dan untuk pelaku bisnis kecil.

4. Bareksa

Bareksa merupakan aplikasi fintech yang pertamanya sebagai marketplace dan seiring berjalannya waktu aplikasi ini menambah fitur dan fungsinya merambah ke dunia saham, obligasi dan investasi.

5. Fastpay

Fastpay merupakan aplikasi yang bergerak di bidang micropayment, E-payment menjadi fitur utama dengan memiliki motto sentra bisnis fastpay. Fintech ini terus mengembang transaksi pembayarannya.

6. Uang Teman

Uang Teman merupakan fintech yang unik dan sederhana, memberikan pinjaman dengan skala kecil antara 1-3 jutaan dengan tempo pembayaran cukup singkat yakni 1 bulan.

7. LinkAja

LinkAja merupakan layanan keuangan digital dari Tekomsel (sebelumnya bernama Tcash), LinkAja menjadi fintech yang cukup banyak digunakan. Penggunaanya sangat mudah dengan beragam fitur menarik yang mempermudah penggunannya.

Akhir Kata

Hadirnya teknologi fintech membuat transaksi seperti pembayaran ataupun transfer menjadi lebih mudah, sehingga Anda tidak perlu lagi ke ATM untuk melakukan transferan. Tidak menutup kemungkinan aplikasi ini akan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan.(*)

Kontributor: Obi Sobirin