Fitur View Once di WhatsApp, Berikut Cara Menggunakannya

Tabel of Content [View]
Fitur View Once di WhatsApp

KABAR PATIMBAN - Fitur view once merupakan fitur WhatsApp terbaru dengan memiliki fungsi yang memungkinkan pesan foto atau video akan hilang secara otomatis.

Menerima pesan foto atau video mungkin akan menghabiskan ruang penyimpanan. Namun, dengan fitur view once dapat meringankan beban ruang penyimpanan ponsel.

Hal tersebut karena tidak semua menerima foto atau video yang terkirim menjadi catatan digital secara permanen, fitur view once dapat mengatasi semua itu.

WhatsApp merilis fitur baru ini agar pengguna lebih besar atas privasinya. Misalnya seperti mengirim katalog pakaian baru, pesan untuk momen tertentu, hingga sesuatu hal yang sensitif.

Melansir dari blog WhatsApp, pada Kamis, 5 Agustus 2021, bahwa pengguna bisa mengirim pesan pribadi berupa video atau foto dengan menggunakan fitur sekali lihat.

WhatsApp melindungi setiap pesan dengan menggunakan enkripsi ujung ke ujung sehingga pihaknya tidak bisa melihatnya.

Kemudian, setiap pesan yang telah terkirim akan dengan jelas terlihat ikon 'satu kali' baru setelah penerima menerima pesan tersebut.

Apa Itu Fitur View Once di WhatsApp?

Fitur view once di WhatsApp menjadi suatu hal yang baru untuk saat ini. Namun, fungsinya sangat bermanfaat untuk pengguna dalam hal privasi.

Cara baru WhatsApp memungkinkan penggunanya mengirim media seperti foto atau video dalam lampiran pesan, setelah penerima melihatnya langsung hilang.

Perlu pengguna mengetahuinya, bahwa media foto atau video tidak akan tersimpan di galeri penerima pesan karena langsung hilang otomatis.

Bukan hanya itu, penerima tidak bisa meneruskan, menyimpan, membintangi, atau membagikan foto atau video tersebut setelah melihatnya.

Apabila penerima pesan tidak membuka foto atau video dalam 14 hari maka secara otomatis media akan usang dari perpesanan WhatsApp.

Kendati demikian, penerima pesan bisa memulikan media dari cadangan apabila belum membuka pesan.

Namun, apabila telah membuka pesan maka tidak bisa menyertakan media dalam cadangan dan tidak bisa memulihkannya.

Bagaimana Menggunakan Fitur View Once di WhatsApp?

Bagi Anda yang akan menggunakan fitur sekali lihat untuk keperluan privasi, bisa mengikuti panduan lengkap di bawah ini:

  1. Buka obrolan WhatsApp, kemudian buka attachment dan cari media gambar di galeri ponsel
  2. Terlihat pada bagian sebelah kiri terdapat tombol send dengan ikon angka '1' yang di dalam bingkai lingkaran. Selanjutnya, pilih ikon tersebut
  3. Pada pop up bertuliskan 'Photo set to view once' bahwa Anda telah menyeting perpesanan untuk aktifkan fitur sekali lihat
  4. Selanjutnya, Anda langsung mengirim pesan media foto atau video ke penerima
  5. Sebelum penerima melihat lampiran pesan media, di awal muncul keterangan bahwa pesan telah mengaktifkan View Once
  6. Setelah melihat pesan akan ada keterangan 'opened' dengan centang ganda biru, sebagai bukti bahwa penerima telah melihat pesan dan otomatis pesan akan menghilang.

Penutup

Walaupun terlihat aman dengan mengaktifkan fitur view once, tapi pengguna harus tetap waspada. Misalnya bisa saja seseorang dapat mengambil dengan menggunakan tangkapan layar atau merekamnya.(*)

Editor: Deden H