Mengenal Macam-macam Moodboard dan Manfaatnya

Tabel of Content [View]
macam-macam moodboard

KABAR PATIMBAN - Bagi seorang fotografer penting sekali memiliki moodboard, apalagi untuk kegiatan promosi bisnisnya. Terlebih akan memberikan inspirasi kepada klien mengenai konsep foto sebelum menggunakan jasa pemotretan.

Selain mengenalkan konsep, secara tidak langsung moodboard akan membantu fotografer dalam prosedur serta perlengkapan untuk photoshoot. Di mana pada saat photoshoot akan mengetahui apa saja perlengkapan yang dibutuhkan.

Adapun perlengkapan tersebut seperti model (untuk promosi produk), alat pencahayaan, latar belakang, dan lain sebagainya. Namun, untuk lebih jelasnya mengenai moodboard yakni sebagai berikut.

Mengenal Moodboard

Apa itu moodboard? Nah, bagi yang belum tahu moodboard sendiri merupakan kumpulan inspirasi gambar atau objek. Di mana setiap gambar tersebut memiliki tujuan untuk presentasi kepada calon klien.

Selain seorang fotografer, moodboard juga biasanya digunakan oleh seorang desainer. Moodboard akan menjadi panduan prosedur bisnis yang dijalankan seorang desainer tersebut.

Jaman sekarang moodboard memiliki peranan yang sangat penting terutama untuk brand yang sedang dikembangkan. Misalnya pada jasa pemotretan dengan memiliki moodboard klien bisa melihat sample portofolio pemotretan.

Manfaat Moodboard

Selain yang disebutkan di atas, bahwa manfaat dari inspirasi board ini agar konsep produk visual yang akan digarap lebih terarah. Calon klien mendapatkan inspirasi setelah melihat moodboard yang Anda tunjukan.

Dengan begitu, seorang fotografer dapat dengan mudah mengarahkan mood foto tersebut. Kemudian, moodboard juga bermanfaat juga untuk membantu fotografer mempersiapkan apa yang diperlukan dalam pemotretan.

Bukan hanya inspirasi bagi calon klien, tetapi juga berguna untuk sarana inspirasi seorang fotografer seperti warna, imajinasi, hingga tekni memotret.

Macam-macam Moodboard

Pada dasarnya kegunaan moodboard adalah untuk mempresentasikan hasil karya fotografer kepada calon klien. Di mana moodboard tersebut digunakan sebagai bentuk daya tarik.

Nah, ada beberapa macam moodboard yang digunakan oleh setiap fotografer, di antaranya sebagai berikut:

1. Moodboard Digital

Di era internet sekarang ini membuat moodboard semakin mudah, Anda perlu mengumpulkan gambar dan memasangnya di media sosial ataupun website. Untuk menggunakan media sosial, Anda bisa menggunakan seperti Pinterest dan Instagram, kedua medsos ini dikhususkan untuk gambar.

2. Moodboard Fisik

Moodboard fisik memiliki kelebihan yakni bisa dilihat dan dipegang tidak seperti versi digital. Membuatnya cukup menguras tenaga dan waktu, karena harus menempelkan gambar yang telah disediakan pada papan.

Akhir Kata

Moodboard bisa digunakan sebagai media presentasi karya fotografer kepada calon klien. Kini Anda bisa membuatnya secara online dalam bentuk moodboard digital lebih mudah dan efisien.(*)

Editor: Tim KP 01