Cari Dana Buat Usaha Online? Berikut Tips Mudah Mencarinya

Tabel of Content [View]
cari dana buat usaha online

KABAR PATIMBAN - Di masa pandemi saat ini, salah satu cara untuk mengatasinya yakni dengan menjalankan bisnis online. Namun, dalam menjalankan bisnis online tersebut sangat membutuhkan dana investasi (modal usaha).

Ketika Anda sudah mulai memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan, modal merupakan hal pertama yang harus dipikirkan. Modal menjadi hal yang penting dalam berwirausaha.

Apabila tidak memiliki modal maka perusahaan yang Anda bangun sangat tidak mudah diwujudkan. Sehingga modal memiliki pengaruh untuk usaha yang hendak Anda dibangun nantinya.

Tips Cari Sumber Dana atau Modal Usaha Online

Sedang mencari dana atau modal untuk membangun bisnis online? seperti dirangkum dari berbagai sumber, bahwa berbagai macam sumber pendanaan yang bisa dijadikan sebagai sumber utama pengembangan bisnis online, antara lain:

1. Pinjaman Bank

Meminjam uang dari bank sangatlah aman, terutama untuk berwirausaha sehingga membutuhkan modal untuk beroperasi. Ada banyak produk perbankan yang bisa dipilih, salah satunya adalah KMG atau kredit multiguna.

2. Pinjaman Tanpa Jaminan

Bank juga menawarkan kemudahan dengan KTA (kredit tanpa agunan), ini bisa menjadi pilihan utama dalam mencari dana modal. Anda bisa memperoleh pinjaman dana tanpa memberikan jaminan apapun.

Namun, bungan KTA lebih tinggi dari KMG yakni antara 10% hingga 23%, sehingga banyak orang yang merekomendasikan cicilan jangka pendek jika menggunakan pinjaman ke bank dengan sistem ini.

3. Pinjaman Online (Pinjol)

Pinjaman online (pinjol) merupakan salah satu alternatif pinjaman yang saat ini digandrungi masyarakat, karena proses pengajuan yang cepat dan mudah. Namun, perlu diketahui pinjaman online memiliki tingkat bunga yang tinggi.

4. Dana Tabungan

Jika Anda memiliki tabungan maka ini bisa menjadi alternatif untuk dana usaha atau modal. Dengan menggunakan tabungan yang Anda miliki langkah ini jelas lebih aman dan tidak berbahaya.

5. Menjual Aset

Ini merupakan salah satu cara termudah untuk mendapatkan modal usaha, yakni dengan menjual sebagian aset yang Anda miliki. Apabila usaha atau bisnis Anda sukses, maka Anda dapat membelinya kembali dan juga untuk investasi masa depan.

6. Gadai Aset

Gadai aset adalah metode pembiayaan lain yang biasanya dipilih untuk modal usaha. Sehingga untuk Anda yang mendapatkan modal usaha setelah menggadaikan aset di agen gadai terpercaya.

Selain itu, menggadaikan aset memiliki suku bunga KPR bisa lebih murah dari harga menjual aset tersebut, dan aset yang bisa Anda gadai seperti emas, BPKB, ataupun lainnya.

7. Pinjam Dana dari Keluarga

Anda bisa mencoba mencari pinjaman dari teman ataupun keluarga yang bisa memberikan pinjama. Cara ini bisa Anda coba apabila tidak ingin meminjam di perbankan ataupun jasa keuangan lainnya.

Penutup

Menekuni bisnis atau usaha online sebenarnya membutuhkan modal, terutama masih tahap pengembangan. Metode di atas bisa menjadi pilihan untuk Anda yang sedang mencari modal berwirausaha.(*)

Editor: Tim Kabar Patimban 01