Mengenal ONT IndiHome yang Ada di Rumah dan Fungsinya

Tabel of Content [View]
ont indihome yang ada di rumah

KABAR PATIMBAN - Banyaknya pengguna ponsel di masyarakat membuat pemakaian internet semakin tinggi. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Telkom yang merupakan  salah satu perusahaan layanan internet di Indonesia.

Telkom dengan layanan IndiHome memberikan solusi bagi pelanggannya terutama untuk keluaga di rumah. Ada tiga produk layanan IndiHome yang bisa digunakan di rumah yakni internet, telepon rumah, dan smart TV.

Ketiga produk ini bisa dipasang dan dipakai di rumah bersama keluarga tercinta. Tentunya, akan ada pemasangan alat IndiHome terlebih dahulu sebelum pelanggan menggunakannya.

Salah satunya alat yang di pasang di rumah untuk keperluan internet yakni ONT (Optical Network Terminal). Alat ONT IndiHome yang ada di rumah ini akan membantu perangkat/ponsel menerima jaringan internet dari layanan IndiHome.

Perlu diketahui, ONT IndiHome yang terdapat di rumah memiliki peranan penting dalam layanan IndiHome. Nah, untuk lebih jelasnya akan kami ulas selacara detail di bawah ini.

Apa Itu ONT?

ONT menjadi perangkat penting untuk pendistribusian dalam jaringan internet agar pengguna internet mudah menerima informasi. Perangkat ONT menerima grafik optik selanjutnya diubah ke dalam bentuk lain seperti data, suara, dan visual.

ONT IndiHome seperti halnya modem lainnya, sehingga perangkat ini sebagai penghubung dari penyedia ke pengguna. Selain ONT, di antaranya seperti outlet fiber optic, single mode, dan lain-lain.

Ada fungsi-fungsi ONT yang terdapat di rumah di antaranya seperti:

1. Mengubah Sinyal

Pentingnya ONT dalam jaringan internet yakni untuk mengubah sinyal dari optik ke elektrik. Sinyal tersebut akan diterima dan terkumpul di ONT, kemudian sinyal disalurkan ke penerima data.

2. Sebagai Demux

Setelah itu, ONT yang menyimpan sinyal kemudian menyalurkan dengan banyak jumlah keluaran. Memperbanyak jumlah keluaran pada suatu jaringan yang dimanakan sebagai Demux.

3. Mengeluarkan Layanan Sesuai Kebutuhan

Saat membagi sinyal menjadi data tersebut, ONT dapat mengeluarkan layanan data sesuai kebutuhan pelanggan seperti layanan data internet, telepon rumah, dan TV Digital. Ketiga layanan ini paling banyak dibutuhkan di rumah terutama untuk hiburan.

Cara Cek ONT IndiHome di Rumah

ONT IndiHome akan terpasang di rumah-rumah pelanggannya, pastinya harus selalu di periksalah secara berkala. Hal tersebut agar tidak terjadi masalah jaringan yang menggangu aktivitas daring Anda.

Penting sekali mengetahui rangkaian jaringan internet di rumah, salah satunya penggunaan ONT IndiHome. Maka dari itu, dalam memeriksa kestabilan jaringan cobalah sesering mungkin melihat lampu indikator ONT IndiHome.

Perlu diketahui, ONT memiliki lampu indikator untuk mengetahui kestabilan jaringan yang diterima. Ada sejumlah lampu indikator yang bisa dilihat pada ONT seperti power, sinyal internet, dan sinyal WiFi.

Adapun untuk lampu indikator menyala menandakan ONT tersebut aktif, Anda bisa melihatnya pada lampu power. Sedangkan untuk mengetahui jaringan internet aktif, dapat dilihat pada lampu indikator untuk koneksi internet.

Lalu, untuk melihat indikator sinyal WiFi apakah aktif atau tidak bisa melihatnya di lampu indikator wireless. Nah, lampu indikator ini bisa Anda cek satu-satu untuk melihat aktif atau tidaknya.

Masalah yang sering terjadi ONT IndiHome yang ada di rumah tidak aktif kemungkinan karena faktor cuaca. Selain itu, binatang pengerat seperti tikus bisa membuat kerusakan pada ONT.

Akhir Kata

Mengetahui ONT IndiHome yang ada di rumah sangat penting sekali mengetahui fungsi-fungsinya. Hal ini karena agar mengetahui apabila terjadi gangguan pada perangkat tersebut.(*)