Bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW Mudah Dihapal Lengkap dengan Artinya

Tabel of Content [View]
bacaan sholawat Nabi Muhammad SAW lengkap
Cek di sini bacaan sholawat Nabi Muhammad SAW. (Dok. KabarPatimban)

KABARPATIMBAN.COM - Membaca sholawat Nabi merupakan bentuk kecintaan kita ummat Islam kepada Rasulullah SAW. Ada berbagai cara untuk membacakannya, mulai dari dijadikan dzikir hingga lantunan puji-pujian.

Sholawat Nabi juga dapat dibaca kapan saja atau dapat juga diamalkan setelah selesai shalat fardhu. Perlu diketahui ada beragam bacaan sholawat Nabi mulai dari yang pendek hingga yang panjang.

Mengenal Sholawat Nabi Muhammad SAW

Menurut bahasa sholawat atau sholla memiliki arti doa, kemudian secara istilah yakni bacaan doa dan pujian untuk Nabi sebagai salah satu ibadah kepada Allah SWT.

Adapun dalil mengenai perintah sholawat terdapat pada surat al-Ahzab ayat 56.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya:

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penuh penghormatan kepadanya." (QS Al Ahzab :56)

Bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW

Di bawah ini ada beberapa bacaan sholawat Nabi yang mudah dihapal, dan cocok untuk dijadikan dizikaran harian, di antaranya yakni.

صَلَّى اللَّهُ عَلَى مُحَمَّدٍ

Artinya:

"Semoga sholawat dari Allah atas (Nabi) Muhammad"

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat-Mu kepada Nabi Muhammad"

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Artinya:

"Ya Allah, berkahilah junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga junjungan kami Nabi Muhammad"

Akhir Kata

Banyak sekali keutamaan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, dan semoga kita diistiqomahkan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga bermanfaat.***