Sesudah Berolahraga Sebaiknya Hindari Mengonsumsi Makanan Ini, Cek Daftarnya!

Tabel of Content [View]
hindari makanan ini setelah berolahraga
Ilustrasi. Hindari mengonsumsi makanan ini setelah berolahraga. (Pixabay/StockSnap)

KABARPATIMBAN.COM - Berolahraga sangat baik untuk kesehatan, tapi perlu diperhatikan juga asupan makanan setelah melakukan aktivitas tersebut.

Mengisi perut setelah berolahraga dengan asupan makanan memberikan kembali energi yang terkuras. Namun, makanan atau minuman yang dikonsumsi merupakan makanan yang baik untuk kesehatan.

Pasalnya, terdapat beberapa makanan atau minuman yang tidak baik dikonsumsi setelah melakukan olahraga. Menurut Amy Wright seorang pelatih kesehatan nutrisi integratif mengemukakan bahwa terdapat sejumlah makanan yang harus dihindari setelah berolahraga.

Adapun makanan atau minuman yang tidak baik dikonsumsi setelah melakukan olahraga, seperti dinukil KabarPatimban dari laman Cosmopolitan, di antaranya.

1. Shake dengan pemanis buatan tidak baik diminum setelah melakukan olahraga, karena shake tersebut juga kemungkinan memiliki kandungan yang tidak baik untuk tubuh.

2. Snack Bar memiliki kandungan pemanis buatan atau gula alami tingkat tinggi, Anda bisa menggantinya dengan buah-buahan seperti pisang ataupun buah beri.

3. Karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta ataupun produk tepung kurang baik dikonsumsi setelah berolahraga. Sebagai gantinya bisa dengan mengonsumsi kacang-kacangan, buah, ataupun sayuran.

4. Minuman yang menggandung gula atau pemanis yang tinggi harus dihindari, sebagai gantinya Anda bisa meminum air kelapa atau smoothie protein yang sehat dan alami.

5. Camilan asin seperti keripik memiliki kandungan kalium, tapi sebaiknya menggantinya dengan camilan sehat dengan buah pisang karena memiliki kandungan kalium yang baik.

6. Makanan cepat saji atau yang digoreng sangat tidak dianjurkan dikonsumsi setelah berolahraga, hal ini karena memiliki kandungan lemak trans yang sangat berbahaya, dan sebaiknya memilih makanan yang dipanggang ataupun dikukus.

7. Minuman yang berkafein juga sangat tidak dianjurkan dikonsumsi setelah melakukan olahraga, karena dapat meningkatkan hormon stres kortisol.

Nah, tujuh jenis makanan ataupun minuman di atas harus dihindari setelah melakukan aktivitas berat seperti berolahraga. Dan sebaiknya mengnsumsi makanan dan minuman yang baik sehingga menyehatkan tubuh.***