Mujarab! Inilah Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tabel of Content [View]
manfaat bunga mawar untuk kesehatan tubuh
Ilustrasi. Manfaat bunga mawar untuk kesehatan tubuh. (Pixabay/moshehar)

KABARPATIMBAN.COM - Tahukah Anda bahwa bunga mawar memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Mulai dari penghilang stres hingga perawatan kulit.

Diketahui bahwa bunga mawar sudah dikenal sejak dulu, dan biasanya bagian kelopak bunga mawar yang sering dimanfaatkannya. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan manfaatnya, bisa simak di bawah ini.

Sebagaimana dikutip KabarPatimban dari laman Thehealthsite, adapun manfaat bunga mawar tersebut di antaranya pertama manfaat bunga mawar untuk mengurangi berat badan.

Pada kelopak mawar terdapat senyawa yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membantu penurunan berat badan. Adapun caranya rebus 10-15 kelopak mawar segar kemudian ambil airnya.

Lalu, masukan sedikit pemanis alami seperti madu atau bubuk kayu manis, kemudian minum teh kelopak mawar ini secara teratur.

Kedua, kelelahan dan stres dapat menimbulkan insomnia dan juga kegelisahan, Anda bisa menggunakan bunga mawar untuk menenangkannya. Caranya cukup hirup sari bunga mawar ini dapat memberikan efek sedatif.

Selain itu, Anda bisa mencoba mandi dengan air panas yang telah diberikan taburan beberapa kelopak mawar. Setelah itu, akan menghasilkan aroma mawar yang segar.

Ketiga, apabila sakit wasir atau ambeien, dengan kelopak bunga mawar tersebut bisa membantu untuk mengatasinya. Hal ini karena kelopak mawar memiliki kandungan serat dan senyawa yang dapat menghilangkan racun di tubuh.

Keempat, dapat mengobati kulit yang iritasi, melembutkan serta mengencangkan kulit, dan juga menghilangkan minyak berlebih. Bunga mawar ini memiliki fungsi deep cleanser dan toner alami sehingga kulit lebih segar.

Bagi kulit yang terkena iritasi kandungan antioksidannya dapat membantu menenangkan kulit wajah Anda. Sedangkan yang terakhir yakni dapat mencerahkan kulit bibir.

Anda cukup membuat pasta kelopak mawar segar, krim susu, dan beberapa tetes madu kemudian dioleskan ke kulit bibir. Biarkan 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih.***