Suara HP Hilang Saat Digunakan, Berikut Cara Memperbaikinya

Tabel of Content [View]
begini cara memperbaiki suara HP hilang

KabarPatimban.com – Pernahkah Anda menemukan masalah suara HP hilang saat digunakan? Jika pernah, di sini akan kami bahas solusi atau cara mengatasi masalah tersebut.

Adapun suara HP hilang secara tiba-tiba saat memakainya, hal ini karena beberapa faktor yang menggangu fungsi dari HP yang Anda gunakan.

Lalu, bagaimana jika masalah suara HP hilang saat Anda menelpon seseorang yang sangat penting?

Nah, bagi Anda yang mendapatkan masalah tersebut cobalah untuk tidak panik. Pasalnya, Anda harus mengetahui faktor penyebabnya tersebut.

Berikut ini simak secara detail mengenai cara mengatasi suara HP hilang dan apa penyebabnya.

Kenali Apa Penyebabnya

Saat menggunakan HP terkadang kendala ada saja masalah yang muncul, salah satunya suara HP menghilang atau mati saat memakainya.

Namun, dalam menghadapi hal tersebut cobalah untuk tetap tenang atau tidak panik, dan sebaiknya mencari solusi untuk mengetahui penyebabnya.

Masalah suara HP yang menghilang tentunya pernah dialami oleh semua orang, padalah sebelumnya tidak merasa ada yang rusak pada perangat genggam tersebut.

Penyebab masalah tersebut ini bisa jadi karena kelalaian saat menggunakannya, atau juga karena faktor kerusakan komponen audio pada HP.

Agar bisa teratasi masalah ini, yuk ketahui apa saja penyebabnya secara detail, antara lain.

1. Tombol Volume Bermasalah

Biasanya tombol volume bermasalah dapat menjadi salah satu penyebab suara HP hilang. Misalnya tombol tersebut tidak bisa memperbesar volume HP, sehingga suara terdengar kecil bahkan hilang.

2. Sistem HP Eror

Banyak sekali yang menyebabkan sistem HP eror seperti virus ataupun banyaknya file sampah yang menggangu.

Hal ini bisa saja menggangu masalah sehingga menyebabkan suara HP tiba-tiba mati saat menggunakannya.

3. Mode Suara Senyap

Tidak dipungkiri, lupa mengaktipkan mode suara membuat suara HP menjadi tidak ada sehingga tidak terdengar suara notif pesan ataupun lainnya. Hal tersebut karena HP masih dalam mode senyap.

4. Speaker Rusak

Berbeda dengan masalah sebelumnya, speaker HP rusak menjadi masalah yang paling serius. Pasalnya, Anda sudah jelas tidak akan bisa mendengar suara HP.

Dari penyebab suara HP hilang di atas, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan pengguna untuk memperbaikinya. Tentunya hal tersebut sesuai dengan penyebab dari masalahnya.

Cara Perbaiki Suara HP Hilang dengan Baik dan Benar

Jadi, bagaimana cara mengatasi masalah suara HP hilang? Setelah melihat kemungkinan adanya penyebab seperti yang dijelaskan di atas. Hal tersebut bergantung dari penyebabnya, dengan begitu akan terselesaikan.

Berikut ini kami akan berikan cara memperbaikinya agar kembali normal seperti semula. Simak caranya di bawah ini.

– Memperbaiki tombol volume yang bermasalah, sehingga bisa mengecilkan dan memperbesar volume suara di HP.

– Sistem HP terjadi masalah salah satunya bisa dengan menyematkan aplikasi tambahan untuk mengatasinya. Selain itu, adanya cache bisa mengakibatkan sistem eror sehingga penting sekali untuk membersihkan cache yang menumpuk.

– Memeriksa mode suara HP yang sebelumnya senyap, bisa Anda alihkan ke mode suara. Maka dengan begitu, Anda bisa mendengar notification pesan ataupun lainnya.

– Speaker bermasalah atau rusak bisa menjadi penyebab HP menjadi tidak memiliki suara. Solusinya yakni Anda harus memperbaiki speaker tersebut atau mengganti komponennya.

Nah, itulah cara yang dapat Anda coba dalam mengatasi masalah suara pada HP dengan mudah dan benar.

Penutup

Mulai dari sekarang janganlah panik apabila suara ponsel Anda hilang secara tiba-tiba saat Anda sedang menggunakannya. Cek yang menyebabkan suaranya hilang dan apa yang menjadi kendalanya.

Perlu Anda tahu bahwa suara atau audio merupakan komponen yang sangat penting pada alat komunikasi seperti HP. Sehingga merawat dan menggunakan HP dengan baik adalah kunci terbaik.***