Tanaman Pembersih Udara Cocok untuk di Rumah, Cek Daftarnya!

Tabel of Content [View]
tanaman pembersih udara sangat bermanfaat untuk kualitas udara di lingkungan rumah

KabarPatimban.com - Tanaman pembersih udara saat ini telah menjadi sorotan di masyarakat. Pasalnya, diklaim bisa menjaga kualitas udara buruk yang terdapat di lingkungan sekitar.

Melihat dari jenisnya, tanaman pembersih udara ini sangat beragam. Misalnya ada jenis pohon Areca dan juga tanaman spider, di mana banyak yang sudah menggunakannya.

Kemampuan dari tanaman pembersih udara ini dapat menyerap polusi serta dapat melepaskan oksigen. Tentunya, ini sangat berdampak pada kualitas udara serta kesehatan.

Bagi yang memiliki rumah di lingkungan perkotaan, menanam tanaman pembersih udara sangat membantu sekali dalam mengurangi dampak dari polusi udara.

Diketahui bahwa tanaman tersebut sangat mudah diurus dan juga tumbuh subur. Sehingga masyarakat bisa mencoba menanam tanaman pembersih udara di rumah.

Adanya tanaman tersebut di lingkungan rumah bukan hanya menyehatkan udara sekitar, tapi juga memberikan kepuasan psikologis. Apalagi saat tubuh dalam keadaan capek, dengan melihat tanaman ini bisa menjadi rileks.

Apa Itu Tanaman Pembersih Udara?

Mungkin Anda pernah mendengar mengenai tanaman pembersih udara, tanaman apakah itu? Tanaman pembersih udara merupakan tanaman yang dapat mengurangi konsentrasi polutan dan racun di udara.

Tanaman ini bekerja dengan menyerap polutan dan racun lewat daun dan akar. Kemudian mengubahnya menjadi bahan organik yang berguna bagi tanaman itu sendiri.

Dalam hal ini, tanaman akan mengeluarkan oksigen dan uap air, sehingga bisa meningkatkan kualitas udara di lingkungan rumah Anda.

Pemanfaatan tanaman pembersih udara di era modern saat ini sangat dibutuhkan, terutama bagi kesehatan. Terlebih kualitas udara akhir-akhir ini sangat tidak bersahabat.

Di mana bisa menanam tanaman pembersih udara? Anda bisa menanam tanaman tersebut di rumah, kantor, atau tempat lain. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan udara yang lebih segar, bersih, dan sehat.

Selain memiliki manfaat membersihkan udara sekitar, adanya tanaman tersebut bisa memberikan keindahan dan kenyamanan. Sehingga memberikan warna saat beraktivitas.

Macam-macam Tanaman Pembersih Udara untuk di Rumah

Udara yang memiliki kualitas buruk sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh, apalagi terhirup setiap hari.

Maka dari itu, penting sekali untuk mencegahnya. Menanam tanaman pembersih udara merupakan sebuah alternatif untuk mengurangi kualitas udara buruk terutama di lingkungan rumah ataupun tempat kerja.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan kualitas udara yang sehat minimal di lingkungan tempat Anda beraktivitas, menanam tanaman pembersih udara bisa menjadi solusinya.

Kemudian, apa saja macam-macam tanaman pembersih udara yang bisa digunakan? Nah, di bawah ini ada sejumlah rekomendasi tanaman yang bisa menjernihkan udara di rumah Anda, antara lain.

1. Aglaonema

Tanaman aglaonemai memang cukup populer terutama bagi pencinta tanaman hias. Namun, di balik dari cantiknya Aglaunema memiliki manfaat untuk menyaring udara kotor hingga menjadi lebih sejuk.

2. Palem Kuning

Tanaman palem kuning merupakan tanaman yang sering menjadi hiasan di rumah. Beragam macam pohon palem dari memiliki ukuran besar sampai kecil.

Harus diketahui bahwa tanaman palem kuning bisa menjadi salah satu pilihan tanaman pembersih udara.

3. Gerbera Daisy

Gerbera Daisy merupakan tanaman hias yang bisa menjadi tanaman pembersih udara, Anda bisa menaruhnya di dalam ruangan.

Tanaman ini memberikan manfaat seperti menyegarkan ruangan dan juga membersihkan udara. Selain itu, tanaman ini sangat memanjakan mata karena warnanya yang cantik.

4. Sirih Gading

Sirih gading merupakan tanaman yang memiliki perpaduan daun warna hijau dan kuning yang berkilau. Biasanya, Anda bisa memajang tanaman hias ini pada pot kecil.

Perlu diketahui tanaman sirih gading ini bisa menjadi salah satu tanaman pembersih udara yang bisa dipasang di dalam ruangan.

5. Sansevieria

Sansevieria merupakan tanaman hias yang bisa menyejukan sekitar rumah, dan juga dipercaya dapat membersihkan udara.

Bentuknya tanaman ini yakni dengan daun memanjang tipis serta memiliki ujung runcing.

6. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya juga bisa menjadi salah satu tanaman hias untuk membersihkan udara di rumah, apalagi Anda meletakannya dekat jendela rumah.

Selain itu, banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari tanaman ini misalnya untuk perawatan kulit.

7. Dragon Tree

Dragon Tree dapat membantu membersihkan udara di rumah, Anda bisa menanamnya dengan menggunakan pot yang besar. Pasalnya, tanaman hias ini mampu tumbuh tinggi hingga dua meteran.

8. Flamingo Lily

Tanaman flamingo lily bisa menjadi tanaman untuk membersihkan udara dan menaruhnya di dalam ruangan.

Namun, taruhlah tanaman tersebut dekat dengan area rumah yang terkena sinar matahari tidak langsung.

9. Peace Lily

Tanaman Peace Lily bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda, terutama bagi yang ingin menanamnya di rumah.

Tapi hindarkan tanaman ini dari hewan peliharaan seperti anjing ataupun kucing, karena memiliki senyawa yang berbahaya.

10. English Ivy

Tanaman English Ivy memiliki bentuk daun yang cantik, serta mampu menyaring udara kotor yang berbahaya.

Taruhlah tanaman ini di tempat yang mendapatkan cahaya matahari yang cukup sehingga memberikan kesejukan di rumah Anda.

11. Rubber Tree

Tanaman Rubber Tree tidak sulit dalam merawatnya, dan tanaman ini dapat menyerap zat yang berbahaya dari udara kotor.

Bagi Anda yang menaruhnya di dalam ruangan maka ruangan akan terasa lebih sejuk, pastikan untuk menyiramnya secara teratur.

12. Bunga Krisan

Bunga Krisan bisa menjadi hiasan di dalam rumah, memiliki warnanya yang cantik sehingga memperindah ruangan.

Sebagai salah satu tanaman pembersih udara, bunga krisan dapat menyaring racun dan senyawa berbahaya dari udara kotor.

13. Spider Plant

Spider Plant merupakan tanaman hias yang memiliki daun seperti kaki laba-laba dengan bentuk panjang tipis dan ujung runcing.

Tanaman ini mudah sekali menanamnya, sehingga Anda bisa menaruhnya di sejumlah tempat di ruangan.

14. Chinese Evergreen

Chinese Evergreen mampu menyaring udara kotor yang terdapat di dalam rumah, serta memberikan kesejukan. Namun, letakan tanaman hias ini di tempat yang lembab dan tidak terlalu terang.

15. Beringin

Tanaman beringin mampu menyerap zat-zat berbahaya dari udara, seperti tanaman pembersih udara lainnya. Anda bisa menanamnya di pot besar, dan menaruhnya di sekitar rumah.

16. Suplir

Tanaman hias permbersih udara lainnya yakni suplir, tanaman ini bisa membuat lingkungan rumah jadi sejuk. Bukan hanya itu, tanaman ini juga sangat bagus untuk kesehatan.

17. Lavender

Bunga lavender merupakan bunga yang cantik dengan warna ungu. Bukan hanya ampuh mengusir nyamuk, ternyata bunga ini mampu membersihkan udara.

Anda bisa meletakkan bunga lavender di dekat jendela kamar yang selalu terkena sinar matahari.

18. Melati

Selain menanamnya di luar rumah, melati juga bisa menjadi tanaman hias untuk disimpan di dalam ruangan. Tanaman ini memiliki aroma yang khas, serta dapat membersihkan udara yang tidak baik.

19. Anggrek

Tanaman anggrek merupakan tanaman bunga yang cukup populer, dan merupakan salah satu tanaman hias yang bisa memperindah isi rumah.

Selain itu, tanaman ini juga diklaim bisa membersihkan udara kotor di rumah Anda.

20. Azalea

Azalea cocok dijadikan sebagai tanaman hias untuk ruangan rumah agar lebih indah. Bukan hanya itu, tanaman hias ini juga sangat baik untuk menyaring udara.

Kesimpulan

Banyak sekali tanaman yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan udara di sekitar rumah maupun di dalam ruangan.

Berikut ini ada beberapa penjelasan tambahan yang bisa Anda simak, yakni.

1. Apa saja jenis tanaman pembersih udara yang populer?

Beragam jenis tanaman di atas sudah cukup populer di Indonesia, seperti mulai dari tanaman seperti lidah mertua, lidah buaya, sirih gading, aglaonema, hingga Azalea.

Tanaman-tanaman tersebut memapu menyerap senyawa-senyawa yang berracun dari udara. Selain itu, membuat lebih sejuk, segar, dan asri.

2. Bagaimana cara merawat tanaman pembersih udara?

Seperti yang telah  uraian di atas bahwa tanaman hias ini dapat mengurangi polutan dan racun di udara. Adapun dalam merawatnya yakni sebagai berikut.

- Terkena sinar matahari yang cukup, karena terdapat tanaman yang memerlukan sinar matahari langsung ataupun tidak langsung.

- Memberikan nutrisi yang diperlukan oleh tanaman seperti pupuk secara teratur.

- Penyiraman secara teratur, tergantung jenis tanamannya.

- Pemotongan secara teratur tergantung jenis tanamannya.

- Perawatan tambahan seperti membersihkan debu yang terdapat pada daun tanaman.

3. Apakah semua tanaman hias bisa memiliki fungsi membersihkan udara di lingkungan rumah?

Tidak semua jenis tanaman hias bisa menjadi membersihkan udara, ada sejumlah tanaman yang memiliki kemampuan tersebut secara alami, seperti yang telah dijelaskan di atas.

Semoga daftar tanaman pembersih udara di atas bisa menjadi referensi bagi pembaca.***