Tempat Wisata Cibeureum Kuningan Berikut Oleh-oleh Khasnya

Tabel of Content [View]
inilah daftar tempat wisata Cibeureum Kuningan

KabarPatimban.com – Tempat wisata Cibeureum Kuningan bisa menjadi rekomendasi untuk berlibur yang menakjubkan karena memiliki keindahan alamnya yang masih alami dan eksotis.

Di tempat wisata Cibeureum Kuningan ini Anda bisa mendapatkan suasana damai yang cocok untuk melepaskan penat serta mendekatkan diri dengan alam.

Salah satu tempat wisata Cibeureum Kuningan terdapat keindahan air terjun yang memukau, sehingga menciptakan pengalaman tak terlupakan bagi pengunjungnya.

Selain pesona alam, Cibeureum Kuningan juga menawarkan beragam tempat wisata kegiatan outdoor, seperti trekking, camping, hingga berfoto di spot-spot menarik.

Tak lupa juga bagi para pecinta kuliner, Anda jangan melewatkan untuk mencicipi hidangan khas daerah ini. Ini akan menjadi penyempurna perjalanan wisata Anda di Cibeureum Kuningan.

Sekilas Mengenai Tempat Wisata Cibeureum Kuningan

Bagi Anda yang sedang berada Kabupaten Kuningan jangan lupa mengunjungi Kecamatan Cibeureum. Di sini  Anda bisa mendapatkan pesona keaslian dan kecantikan alam yang memikat hati.

Di Cibeureum Kuningan ini terdapat sejumlah tempat wisata yang cocok bagi Anda yang sedang mencari ketenangan dengan melihat keindahan alamnya.

Kecamatan Cibeureum Kuningan ini memiliki delapan desa di antaranya Cibeureum, Randusari, Sukadana, Tarikolot, Sukarapih, Sumurwiru, Cimara, dan Kawungsar.

Selain memiliki pesona wisata alamnya yang indah, Cibeureum Kuningan juga memiliki makanan khas yaitu tape ketan. Tak heran di daerah ini banyak sekali terdapat kios tape ketan.

Daftar Rekomendasi Tempat Wisata Cibeureum Kuningan

Tempat wisata Cibeureum Kuningan akan memberikan pengalaman berharga bagi Anda. Pasalnya, terdapat tempat wisata atau destinasi yang memiliki daya tarik utama bagi para wisatawan.

Berkunjunglah ke tempat wisata Cibeureum Kuningan dan temukanlah keindahan alam yang memikat. Berikut ini rekomendasinya, antara lain.

1. Curug Cigalagah

Curug Cigalagah merupakan tempat wisata alam di Kecamatan Cibeureum  yang memiliki peminat cukup banyak. Daya tariknya yakni memiliki air curugnya yang jernih.

Bukan hanya itu, keadaan alam sekitar Curug Cigalagah sangat asri dan sejuk karena terdapat banyak sekali pohon pinus. Curug ini bisa menjadi pelepas penat kesibukan pekerjaan.

2. Bendungan Kuningan (Waduk Cileuweung)

Bendungan Kuningan ini diresmikan pada tanggal 31 Agustus 2021 oleh Presiden Joko Widodo, dan saat ini mengairi 3.000 hektar lahan pertanian di wilayah Kuningan dan Brebes.

Saat ini Bendungan Kuningan menjadi daya tarik pengunjung sebagai spot wisata, apalagi menawarkan suasana pegunungan yang sejuk dan hijau.

3. Mahkota Waterboom

Mahkota Waterboom merupakan wisata rekreasi yang ada di Cibeureum Kuningan yang sudah berdiri dari tahun 2012. Di sini terdapat sejumlah wahana air yang menyenangkan.

Letaknya yang mudah dijangkau pengunjung, biasanya Mahkota Waterboom menjadi incaran keluarga untuk berlibur bersama anak-anak.

4. Bumi Pelangi

Bumi Pelangi merupakan tempat wisata rekreasi yang terdapat di Kecamatan Cibeureum, seperti halnya Mahkota Waterboom. Di sini juga terdapat wahana air dan kolam renang.

Bukan hanya itu saja, dalam memikat pengunjungnya, Bumi Pelangi memiliki taman kelinci, taman burung, dan taman bermain untuk anak-anak.

Apa Oleh-oleh Khas Cibeureum Kuningan?

Setelah seharian mengunjungi berbagai tempat wisata di Cibeureum Kuningan, rasanya kurang lengkap jika tidak membawa oleh-oleh khas daerah ini.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa Cibeureum Kuningan merupakan daerah produksi tape ketan di Kota Kuda ini. Tape ketan atau peuyeum khas Kuningan memiliki citra rasa yang khas.

Bagi para pengunjung dari luar biasanya membeli tape ketan untuk dijadikan oleh-oleh dan menyajikannya di rumah bersama keluarga.

Tape ketan khas ini bisa ditemui di setiap pinggiran jalanan Cibeureum Kuningan. Untuk Anda yang ingin membeli oleh-oleh khas ini bisa cek lokasi di bawah ini.

1. Tape Ketan Pamela yakni di Jl. Tarikolot, Kec. Cibeureum, Kuningan.

2. Tape Ketan Pratama yakni di RT 3 RW 3, Desa Sukadana, Kec.Cibeureum, Kuningan.

3. Tape Ketan yakni Desa Cibeureum, Kec. Cibeureun, Kuningan.

4. Tape Ketan SariMadu Ibu Uju, yakni Jl. Raya Cibeureum, Kuningan Regency.

5. Tape Ketan Binangkit yakni di Desa Tarikolot, Kec. Cibeureum, Kuningan.

6. Pusat Oleh-Oleh Tape Ketan Harum Manis yakni di Jl. Raya Cibeureum, Kec. Cibeureum, Kuningan.

7. Tape Ketan Family yakni di Desa Tarikolot, Kec. Cibeureum, Kuningan.

Selain di Cibeureum Kuningan, oleh-oleh tape ketan ini juga bisa ditemukan di sejumlah kios oleh-oleh di jalan-jalan besar di Kabupaten Kuningan.

Kesimpulan

Dengan memiliki keunikan dan pesonanya, Cibeureum Kuningan menjadi daya tarik wisatawan dari dalam maupun luar Kabupaten Kuningan. Terutama bagi yang ingin melarikan diri sejenak dari hiruk pikuk perkotaan.

Tidak hanya sebagai tempat wisata alam, di Kecamatan Cibeureum tersebut juga menjadi memiliki sejumlah destinasi lainnya rekreasi yang bisa Anda kunjungi .***